Langsung ke konten utama

Resort di Sumatera Utara

Resort di Sumatera Utara
Berwisata dan Keliling Taman Simalem Resort | Menikmati Pemandangan Danau Toba
Melanjutkan artikel yang terpotong sebelumnya tentang keindahan  danau toba dari one Tree Hill Taman Simalem Resort, artikel ini akan memberi gambaran tentang area Taman Simalem Resort. Untuk menyegarkan ingatan, Taman Simalem Resort adalah tempat wisata di daerah Tanah Karo, Sumatera Utara. Situs ini ada di ujung utara danau toba. Situs ini termasuk tempat wisata baru, jaraknya sekitar 3 jam dari Medan. Kemarin kami berangkat dari Tanjungbalai via Siantar memakan waktu kurang lebih 5 jam.

Jalur 1: One Tree Hill

Salah satu jalur adalah One Tree Hill yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, Jalur ini dapat diakses bila kita belok kanan ke arah kebun jeruk dari arah gerbang depan saat ketemu Fountain of Wealth. Disini kita bisa melihat danau toba dari titik tertinggi di resort ini.
Selain bukit satu pohon tersebut, di jalur ini terdapat pula jalur Trekking ke Air Mancur Kembar. 


Jalur 2: Pearl of Lake Toba and Tongging Point

Jalur selanjutnya yang kami kunjungi adalah jalur lurus dan tanjakan, jika dilihat dari arah gerbang depan saat menemui perempatan Fountain of Wealth. Di jalur ini terdapat beberapa tempat seperti taman bernama Pearl of Lake Toba, Kafe Toba, Rumah Wisata Buah, dan Tongging Point beserta amfitheathernya.Yang paling pertama kita temui setelah tanjakan adalah taman Pearl of Lake Toba. Area terbuka ini cukup bagus untuk lokasi berfoto ria dan menghadap danau di latar sana.Maju ke dalam lagi, di ujung jalur ini, terdapat lokasi yang bernama Tongging Point. Lokasi ini dinamai demikian karena dari sini kita bisa melihat Desa Tongging, desa nelayan di bawah sana. Kotak sawah, perahu kecil yang ditambat, dan pantainya sangat indah.
Tongging Point pada dasarnya adalah taman besar alias lahan terbuka. Mau main bola disini juga capek kayanya. Di Tongging Point ini juga terdapat tempat penginapan dan amfitheather.
Ada juga tempat menjual snack dan oleh-oleh yakni Tongging Mart.  Cuma ada suvenir-suvenir lokalnya juga. Seperti yang standar – kaos, jaket, dan batik (entah kok jual batik disini). Ada juga kerajinan tangan seperti pajangan bentuk cicak, katak, dan reptil lainnya atau alat-alat dapur bercorak asyik seperti nampan, gelas, tutup cangkir, dll. Ada juga wangi-wangian aroma terapi, minyak untuk yoga, dan sabun buatan lokal.
Setelah puas mengitari Tongging Point, kami mengunjungi bangunan di depan Pearl of Lake Toba yang tadi kami lewati  Isinya adalah toko buah dan toko teh/kopi. Buah yang dijual adalah buah yang ada di sekitar Taman Simalem. Memang banyak kebun buah disini. Di bangunan ini juga kita memesan tiket untuk berwisata buah langsung ke kebun. Buah yang ada di etalase toko kebanyakan nanas dan jeruk.
Disini juga ada stand yang menjual berbagai macam teh. Yang paling ditonjolkan adalah teh biwa. Biwa adalah sebuah buah. Biasanya biwa dijadikan bahan untuk membuat obat batuk, OBH misal. Nah, ini dijadikan teh. Rasanya lain gan, serius. Ada aroma yg lari ke hidungnya gitu. Setiap teh disini dikasih testernya jadi jangan kuatir untuk mencoba.

Jalur 3: Lapangan Golf dan Kuil

Jalur ini adalah jalur terakhir kita di Fountain of Wealth. Jalur belok kiri. Sedikit belok kita akan menemui kebun biwa.
Menurut brosur peta tadi, di jalur ini sih cukup banyak wisata yang menjanjikan. jalur ini belum ada yang bisa dinikmati. Kami melewati jalur ini pun hanya 15 menit saja.
Sampai ke ujung jalur, kami melihat “pemandangan” lapangan golf
Di ujung sebenarnya ada sebuah bangunan yang cukup menarik, sebuah kuil.

Jalur 4: Kebun Binatang, Kebun Bunga, dan Kebun Outbound

 Jalur terakhir yang kami jelajahi adalah jalur pertama yang dilalui oleh setiap orang.  Jalur menuju gerbang kalau dari Fountain of Wealth. Kalau dari luar lokasi ya jelas jalur ini yang pertama kali ditemu. Dari gerbang, kita disambut langsung oleh hutan pohon pinus. Sekitar satu kilometer kita akan mendapati jalan bercabang. Yang ke kanan adalah untuk ke Fountain of Wealth dan ke kiri adalah titik wisata di jalur tersebut.
Jika kita belok kanan (dari gerbang), kita akan menemui bangunan berikut. Gambar di bawah adalah bangunan pusat informasi yang ada sebelum Fountain of Wealth.   Di bawahnya, terdapat kebun bunga dan rumah kacanya. Cukup besar juga.
Di dekat situ juga, terdapat pula sebuah rumah adat yang sebenarnya adalah toko suvenir khas Sumatera Utara.
Tidak seperti di Tongging Mart, barang-barang disini semuanya tradisional. Nggak jualan chiki dia. Disini ada ulos dan kerajinan tangan. Kita juga bisa nyobain baju adat dan berfoto di sebuah panggung.
Di seberang parkiran sana, terdapat area yang ketinggiannya jauh lebih rendah dari area rumah adat dan rumah kaca tadi.  Di area ini banyak tali dan ban berseliweran kemana-mana. Ini adalah area outbound dari Taman Simalem Resort ini.

Di bawah daerah outbound lagi ada sebuah kompleks bangunan.
Ada juga penginapan disini.






  •  The Hill Hotel& Resort Sibolangit 
The Hill Hotel & Resort Sibolangit, sebuah resort yang berada di Desa Sukamakmur Sibolangit, merupakan destinasi liburan favorit para keluarga atau mereka yang suka jalan-jalan. Kesejukan udara di sana dan pemandangan lanskap alam yang indah akan membuat betah berlama-lama tinggal di resort ini. Kalau cuma semalam atau dua malam di sana, rasanya akan kurang. 
The Hill Hotel & Resort menawarkan 8 tipe kamar.
Fasilitas kamar yang diberikan pun standar seperti kamar hotel lainnya. Di setiap kamar dilengkapi dengan TV kabel yang menayangkan program TV dalam atau pun luar negeri. Fasilitas lainnya, terdapat pengering rambut dan shower room. Ruang kamar di The Hill Hotel & Resort cukup luas. Beberapa kamar di sana memiliki ruang tamu dan sofa terpisah. Sangat nyaman untuk digunakan liburan bersama keluarga.
Bonusnya, terdapat balkon menghadap tepat pada taman-taman bunga atau hijaunya pepohonan. Spot ini jadi tempat yang nyaman untuk duduk sore sambil minum segelas teh atau pun kopi dengan mesin pembuat kopi dan teh yang tersedia di kamar.
The Hill Hotel & Resort memiliki pusat kebugaran yang berbeda dari lainnya. Di hotel ini, terdapat lapangan basket, lapangan tenis, dan fitnes center. Uniknya, semua pusat kebugaran tersebut berada di luar area dan dikelilingi pepohonan dan taman-taman bunga yang menyejukkan.
Berolahraga di area taman resort sangat menyenangkan. Melatih kekuatan fisik di tengah taman yang menenangkan akan membuat tubuh makin rileks.
Jika ingin merasakan sensasi olahraga yang berbeda, coba saja berenang di kolam renang luar ruangan The Hill Hotel & Resort. Udara dingin Sibolangit dan kesegaran air kolam siap menusuk-nusuk tubuh hingga ke tulang.
Waktu terbaik berenang di kolam ini adalah saat pagi hari. Jangan datang terlalu siang kalau tak ingin berebut lahan untuk berenang dengan pengunjung lainnya.

The Hill Hotel & Resort Sibolangit pun menyediakan ruang karaoke sebagai tempat berkumpul dan bersenang-senang bersama keluarga

Resort di Sibolangit ini pun dianggap sebagai one stop vacation. Hampir semua fasilitas tersedia di sana, termasuk ruang karaoke. Daftar lagu di area karaoke The Hill Hotel & Resort bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat berbagai jenis lagu seperti lagu barat, Indonesia, dan tiongkok.
Spot ini rasanya menjadi tempat paling seru untuk habiskan malam setelah lelah beraktivitas seharian. Menyanyikan lagu favorit dan bergembira bersama keluarga. Pasti menyenangkan.

Para pencinta kopi tak boleh lewatkan hangatnya secangkir kopi racikan barista di Pine Coffee Shop 

Tubuh tetap bugar dengan memanfaatkan beragam fasilitas olahraga yang ada di area resort 

Jika ingin merasakan sensasi olahraga yang berbeda, coba saja berenang di kolam renang luar ruangan The Hill Hotel & Resort. Udara dingin Sibolangit dan kesegaran air kolam siap menusuk-nusuk tubuh hingga ke tulang.
Waktu terbaik berenang di kolam ini adalah saat pagi hari. Jangan datang terlalu siang kalau tak ingin berebut lahan untuk berenang dengan pengunjung lainnya.

Udara dingin Sibolangit sangat pas kalau dinikmati sambil menyeruput secangkir kopi. Berbincang hangat sambil menikmati keindahan pemandangan Sibolangit jadi ide kegiatan seru selama bermalam di The Hill Hotel & Resort. The Pine Coffee Shop juga jadi spot asik untuk berkontemplasi atas segala permasalahan kehidupan yang menjemukan.

Urusan perut tak usah ribet, The Hill Hotel & Resort punya banyak pilihan restoran 

Setidaknya terdapat 3 restoran untuk makan malam, yaitu Forest Club, Spring Garden Restaurant, dan Taipan Restaurant. Ketiga restoran tersebut memiliki keunikan tersendiri. Forest Club misalnya, semi indoor restoran ini biasanya digunakan untuk makan malam atau acara gathering bersama teman-teman.
Sedangkan Spring Garden Restaurant khusus menyajikan olahan masakan chinese. Kelezatan sajian chinese food dari Spring Garden Restaurant sudah terkenal, jadi jangan sampai lewatkan mencicipi seporsi masakan chinese food dari sang ahli.
Atau, bisa juga memilih menu Asian Food yang lebih ramah dilidah di Taipan Restaurant. Beragam menu kuliner Asia bisa ditemukan di sini.

Kebun binatang mini yang ada di area taman jadi spot favorit para pengunjung hotel yang datang bersama anak-anak

Berdiri di atas lahan 17 hektar, The Hill Hotel& Resort Sibolangit dikelilingi taman-taman bunga yang menawan. Hampir di setiap jengkal langkah jadi spot apik untuk berfoto selfie. Jika dihitung, total terdapat 7 spot taman yaitu taman flamingo, hutan bambu, kolam koi, Macaw Garden, Swan Lake, Taxodium Lake, dan Zen Garden.
Lebih spesial lagi, di area taman cantik ini terdapat kebun binatang mini. Berbagai binatang lucu seperti kanguru, kura-kura, kambing, rusa, flamingo, dan berbagai jenis burung bisa ditemui di sana. Spot yang sangat menarik untuk liburan sambil mengedukasi anak-anak.

Bagaimana cara menuju ke The Hill Hotel & Resort 

The Hill Hotel & Resort Sibolangit berada di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi dari Bandara Kualanamu. Atau sekitar 1,5 jam dari pusat kota Medan.
The Hill Hotel & Resort jadi pilihan yang tepat untuk berlibura. Karena tak hanya memiliki fasilitas penunjang liburan yang lengkap, lokasi hotel ini tak jauh dari beberapa tempat wisata populer di Deli Serdang seperti The Hillpark dan Air Terjun Dua Warna. Pengunjung hanya butuh waktu 19 menit berjalan kaki menuju Hillpark atau 17 menit berkendara menuju air terjun Dua Warna.



  • Pantai Cermin Theme Park & Resort

    Di Pantai Cermin Resort & Hotel, tinggalkan rasa resahmu dan jajaki dunia yang menghibur dan memberikan ketenangan. Rasakan semilir angin pantai yang menerbangkan rambut Anda dengan ombak segar yang menyiram telapak kaki Anda. Terletak di Pantai Cermin di tengah tanaman hijau yang subur dan pantai berpasir, Pantai Cermin Resort Hotel menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan untuk Anda dan keluarga Anda dan teman-teman. 

    Kamar
    Resor ini menawarkan 45 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas terbaik untuk memastikan kenyamanan tamu. Staf kami terlatih akan membuat Anda merasa nyaman selama menginap, dengan layanan kamar 24 jam, mesin kopi dan teh, mini bar, kamar mandi pribadi dengan pemanas air, TV, telepon, dan akses Wi-Fi. Setiap paker kamar meliputi sarapan untuk 2 orang dan 2 tiket menuju taman bermain tematik.

    Restoran & Makanan
    Para tamu yang lapar dapat menikmati beragam jenis makanan di Bistro Cafe, Sandy Beach Restaurant dan Andaman Restaurant.

    Aktivitas & Olahraga
    Ada banyak hal yang bisa dilakukan di resor ini. Tentunya, tamu sangat dianjurkan untuk mencoba Pantai Cermin Water Park, dimana paa tamu dan anggota keluarga dapat menikmati beragam aktivitas seprrti taman air tematik, sauna dan spa, pantai pribadi dengan olahraga air, banana boat, jet ski, kebun binatang mini, dan flying fox. Mohon dicatat beberapa aktivitas tambahan akan dikenakan biaya tertentu. Selain wahana air, Pantai Cermin Resort juga memiliki pusat bisnis, gimnasium, ruang konferensi dan fasilitas lainnya untuk membuat pengalaman menginap Anda tak terlupakan.


    • Pantai Cermin Theme Park & Resort - LOKASI HOTEL
      Terletak di Serdang Bedagai dan hanya sekitar 60 menit berkendara dari pusat kota Medan atau Bandara Internasional Kualanamu.

      Pantai Cermin Theme Park & Resort - FASILITAS HOTEL

      Umum

      • Layanan 24 jam
      • Tempat parkir mobil
      • Coffee shop
      • Ruang pertemuan
      • Layanan Laundry
      • Layanan kesehatan
      • Restoran
      • Layanan kamar
      • Aman
      • Akses jaringan internet
      • Penitipan bayi
      • Resepsi
      • Buffet
      • Pusat bisnis
      • Kebun
      • Karaoke









      Kegiatan

    • Gym / Pusat kebugaran
    • Kolam renang
    • Sauna
    • Spa
    • Banana boat
    • Voli
    • Ski air
    • Pantai
    • Kegiatan hiburan
    • Memancing
    • Pantai privat
    • Arung jeram
    • Taman rekreasi
    • Olahraga air






    - SIBA ISLAND RESORT 
     Pesona Pulau Siba di Pesisir Sumatera Utara

    Sebagai daerah tujuan wisata Pulau Siba memang belum setenar Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Namun pulau yang berada di muara Sungai Baharu ini mempunyai keunikan tersendiridengan pemandangan vegetasi hutan mangrove (bakau) yang menghiasi sepanjangperairan.
    Sudah lama sekali saya ingin mengunjungi Siba Island Resort (Pulau Siba), 
    Siba Island Resort telah mempunyai dermaga khusus  yang terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, persis disebelah Restoran Marina. P
    Kenapa diberi nama Pulau Siba?
    Saat ditanya kenapa nama pulau menggunakan nama belakang pemiliknya?Menurut info yang saya dapat dari pengemudi boat, “Sebenarnya pulau ini tidak ada nama, tapi karenadibuat badan hukum PT. Siba Island, pada saat pembangunan orang yang sering mengangkat barang ke Pulau Siba lebih mengenal Siba Island."
    Bagaimana menuju ke Pulau Siba ?
    Untuk sampai ke lokasi pulau ini, kita bisa berangkat dari dermaga khusus  Siba Island Resort yang terletak di Jl. Serma Hanafiah Belawan, persis disebelah Restoran Marina. Pengelola Siba Island mempunyai beberapa unit speed boat
    Di sepanjang perjalanan kita akan menikmati panorama alam berupa hutan mangrove di pinggir pantai. Kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu pesisir di bantaran sungai juga menjadi daya tarik tersendiri bagiwisatawan.
    Apa yang menarik di Pulau Siba ?
    Objek wisata Pulau Siba terletak sekitar 10 kilometer dari bibir teluk Pelabuhan Belawan, berada di desa Sei Bahari, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.
    Di pulauseluas14 hektar ini sedang dikembangkan untuk menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang berpotensi di Sumatera Utara, mengingat lokasinya relatif dekat dengan kota Medan. Disamping itu Pulau Siba mempunyai potensi keindahan dan keunikan alam yang patut untuk dijelajahi. Pulau yang dahulunya merupakan tempat menambak ikan dan hanya berisi tanaman bakau, nyamuk, ular dan aneka satwa yang cukup berbahaya,secara perlahan telah dirubah oleh pemiliknyamenjadi sebuah surga kecil di muara Sungai Baharu yang berujung di laut lepas.
    Pulau Siba juga telah resmi dijadikan sebagai lokasi pencanangan gerakan aksi pengembangan sumberdaya hayati laut Pantai Timur Sumatera Utara oleh Gubernur Sumatera Utarapada Februari 2007 seperti yang terlihat pada foto di bawah ini.
    Fasilitas apa saja yang ada di Pulau Siba?
    Pulau yang mulai dibangun pada tahun 2004 ini rencananya akan dikembangkan untuk tujuan wisata ini memiliki fasilitas relatif cukup lengkap. Pada saat ini fasilitas yang tersedia antara lain :
    Transportasi berupa beberapa unit speed boat Siba Island Resort.
  • Terdapat 35 unit kamar cottage yang bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap dan saat ini sedang dibangun beberapa unit kamar lagi untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  • Gedung pertemuan yang berkapasitas 450 orang dengan arsitektur Melayu, dinamai dengan Sultan Convention Hall. 
  • Restoran (buka 24 jam) yang dilengkapi dengan taman terbuka, menyuguhkan pemandangan menarik di Pulau Siba. Tersedia juga hiburan musik. 
  • Bagi yang punya hobi memancing, disediakanspeed boat khusus memancing yang bisa disewa. Jika anda tidak mau memancing di laut lepas, tersedia kolam pancing di pinggir pulau yang penuh dengan ikan-ikan yang siap melahap umpan pancing anda. Ikan hasil pancingan dapat anda nikmati setelah dimasak (ikannya bisa di goreng atau dibakar) di restoran.
  • Bagi yang punya nyali besar dan suka tantangan, anda biasa mencoba jet ski. Tersedia juga banana boat, sepeda air dll.
  • Fasilitas kolam renang, water boom, taman bermain anak-anak, lapangan bola, outbound.     

     Kegiatan nelayan yang menangkap ikan juga tak luput dari perhatian saya. Pagi itu seorang nelayan bersandar di tepi dermaga untuk menjual udang hasil tangkapannya. 




     THE POINT SABANG RESORT

    The Point Sabang Resort berbagai pilihan menu makanan Indonesia maupun Barat di restorannya. Bahkan, karena restoran di hotel ini memiliki teras yang cukup besar, maka Anda bersama keluarga atau pasangan, bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menyantap makanan yang disajikan.
    Hotel yang memiliki 30 kamar ini, sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti penyejuk ruangan (AC), WiFi , perlengkapan mandi gratis, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pihak The Point Sabang Resort juga dapat membantu Anda yang ingin melakukan diving ataupun snorkelling.








     

 


 


Postingan populer dari blog ini

Tempat-tempat Outbound Gathering di Medan

  1. T-Garden Outbound and Ranch : T-Garden Outbound and Ranch merupakan salah satu pilihan tempat wisata dipinggir kota Medan, Sumatera . Taman ini bernuansa Bali dan direkomendasikan bagi  Anda yang hobi hunting tempat foto yang keren dan kekinian. Taman T Garden melengkapi tempat wisata seperti di Bali yang ada di sekitar Kota Medan. Ada Pantai bali Lestari, Pondok Bali Desa Pegajahan. Dan tempat atau spot foto terbaru yang ramah jejaring sosial media berbagi foto Instagram. Atau Instagramable. Fasilitas pendukung taman cukup lengkap dengan halaman parkir kenderaan yang memadai dan taman yang luas. T-Garden Outbound and Ranch dapat dibuat untuk acara Family Gathering. Dan tidak hanya itu saja ada juga tersedia tempat permainan Outbound, Filying Fox dan motor ATV. 2. Taman Edukasi Avros :    Taman Edukasi Avros merupakan taman edukasi dengan perlengkapan permainan outbond. Kegiatan outbond dengan edukasi diyakini dapat memperkuat hubungan tim. Edukasi bersama tim

LOKASI OUTBOUND DI MEDAN

Kegiatan outbound merupakan kegiatan experiential learning yang umumnya dilaksanakan di alam terbuka. Oleh karenanya, biasanya kegiatan outbound di Medan dilaksanakan di lokasi-lokasi wisata atau tempat yang khusus mendukung untuk kegiatan tersebut. Lokasi Outbound di Medan Di Sumatera Utara, lokasi kegiatan outbound cukup banyak didapati. Apalagi provinsi ini dikenal dengan daerah yang kaya akan wisata alam serta lokasi-lokasi wisata buatan yang cukup diminati baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, kami membagi 6 kelompok lokasi yang umum dipakai untuk kegiatan outbound di Medan, Sumatera Utara, antara lain : 1. Outbound di Medan Untuk lokasi Outbound di Medan atau yang dekat dengan Kota Medan, selama ini pihak kami bekerjasama dengan Medan Country Club Pancur Batu. Lokasi ini sangat mendukung untuk pelaksanaan kegiatan outbound, karena selain lokasi berdampingan dengan hutan, juga sudah dilengkapi fasilitas high rope, aula ukuran besar, serta alir

PAKET FAMILY GATHERING | Outing Outbound di Medan

Paket Outing Outbound Family Gathering kami tawarkan untuk perusahaan, kantor, organisasi yang menyelenggarakan kegiatan Outing Outbound Gathering dengan melibatkan  keluarga karyawan. untuk paket Family Gathering, EO Navy Management menyediakan pilihan paket berupa : - Paket Family Gathering berikut Menginap - Paket Family Gathering Outbound tanpa Menginap - Paket Family Gathering Tour tanpa Menginap selain kegiatan internal perusahaan berupa employee outbound team building, kegiatan / acara Family Gathering juga dapat di kemas dengan kegiatan tour, fun Outbound acara kebersamaan yang biasanya di kemas dengan paket menginap. Khusus Paket Family Gathering, EO Navy Management akan membantu memfasilitasi beberapa komponen pendukung seperti : - Penyediaan Transportasi Bus Pariwisata - Penyediaan Akomodasi Hotel, Villa atau BungaLow bila paket yang di ambil berikut menginap - Penyediaan Jasa Catering - Pengadaan Seragam Family Gathering yang di Design sesuai tema keg